News


Tangerang - Senin 22 Desember 2014 operator Bandara Internasional - Hatta siap menyambut para pengguna jasa bandara bagi yang akan pergi/datang berlibur baik untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2015. Berbagai macam fasilitas keamanan dan kenyamanan untuk penumpang telah disiapkan. Seperti fasilitas pengamanan telah dikoordinasikan X- ray dengan walk thorough metal detector serta hand held metal detector siap beroperasi dengan teknisi fasiltas bandara.

 

Manajer Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta Yudis Tiawan mengatakan, pihaknya juga menyiapkan tenaga pengamanan dari Aviation Security (Avsec), Paskhas TNI AU, Garnisun dan Polisi Militer. "Kami juga telah menyiagakan CCTV/kamera pengintai sebanyak 868 unit yang sudah kami tempatkan di terminal , akses kontrol, perimeter, operasi penertiban gangguan keamanan dan pengaturan lalu lintas," ujar Yudis.

Koordinasi dengan petugas Polres Metro Bandara selalu terjalin dengan rutin. Pemeriksaan pun tetap sesuai dengan standar operasional presedur (SOP), yakni tak ada tiket atau id pas yang masih berlaku tidak dapat masuk. Termasuk juga larangan membawa barang yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan. "Dangerous good tetap dalam pengawasan CCTV disemua akses terminal dan perimeter terus dilakukan patroli," terangnya.

 

Selain itu, bagi semua pelanggar ketertiban juga tetap ditindak. Sanksinya bagi yang memparkirkan roda kendaraan akan dipasang clamp. "Clamp dapat dibuka setelah disertai dengan surat tilang," ungkap Yudis. Untuk keselamatan lainnya, petugas PT Angkasa Pura II juga telah menyiagakan 12 kendaraan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) foam tender. Adapun rinciannya terdiri dari jenis Striker sebanyak lima unit dengan berkapasitas 11.356 liter, 5 morita 10.000 liter, dan 2 Oshkosh berkapasitas 12.000 liter. “Adapun jumlah petugas PKP-PK semua 189 orang, dibagi empat group dengan masing-masing rata-rata 47 orang per hari. Kami juga akan menyisir perokok yang tidak merokok pada tempat yang telah disediakan,” terangnya.

 

Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang PT Angkasa Pura II telah bekerjasama dengan maskapai penerbangan. Total ekstra flight pada Natal dan Tahun Baru 2015 sejak Sabtu 19 Desember 2014 sampai dengan 5 Januari 2015 sebanyak 174 ekstra flight. Jumlah tersebut terdiri dari 166 domestik dan Internasional delapan flight. Adapun rinciannya Sriwijaya 70 flight, Citilink 49 flight, Air Asia 31 flight, China Air delapan flight dan Garuda Indonesia 16 flight. PT Angkasa Pura II juga memprediksi kota-kota yang menjadi tujuan libur pada Natal tahun ini dan perayaan tahun baru 2015 terdapat 10 kota.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Balik Papan, Yogyakarta, Padang, Jambi Pontianak dan Batam masih menjadi kota tujuan tersibuk saat liburan,” jelasnya.


Manager Humas dan Protokoler

PT Angkasa Pura II

Bandara Soekarno-Hatta

 

YUDIS TIAWAN

HP : 0817883903

Tlp. : 021 5506800

email : uthiz@yahoo.com