News

Perimeter Utara Diberlakukan Dua Arah

Administrator | 19 Dec 2014


Tangerang (19/12) - Mulai Jum'at, 19/12/2014 pukul 09.30 WIB, Jalan Perimeter Utara, jalur alternatif dari Bandara Soekarno-Hatta-Tangerang akan diberlakukan menjadi dua arah. Uji Coba rekayasa lalu lintas ini diterapkan sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kepadatan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta. "Pagi ini direncanakan uji coba rekayasa lalu lintas dengan membuka jalur perimeter utara menjadi dua arah," ujar Manager Humas dan Protokol Bandara Soekarno-Hatta, Yudis Tiawan, Jumat 19 Desember 2014.

 

Pemberlakuan jalur dua arah ini bertujuan memecah kepadatan lalu lintas di bundaran prasasti bandara yang padat kendaraan dan rawan kemacetan di jam-jam sibuk, utamanya pagi hari jam masuk kantor dan sore hari saat karyawan pulang kantor. Dengan demikian, Pengendara dari arah Tangerang-Jakarta bisa melintas di jalur itu langsung menuju Tol Sedyatmo, tanpa melalui bunderan prasasti lagi.

 

Berdasarkan hasil evaluasi banyak kendaraan dari arah Tangerang menuju Jakarta masih melintas di bandara, masuk ke bunderan prasasti. Begitu juga kendaraan dari arah Jakarta menuju Tangerang melintas ke bunderan prasasti, baru menuju perimeter utara kearah Tangerang. Kondisi ini menyebabkan simpul kemacetan di bunderan prasasti, karena disaat yang bersamaan, banyak penumpang yang baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta menuju Jakarta serta Karyawan yang akan pulang. Kondisi kepadatan ini terjadi utamanya
di jam pulang kerja pada pukul 16.30-19.00 .

 

Angkasa Pura II bersama Polresta Bandara memutuskan untuk melakukan rekayasa lalu lintas dengan membuat dua arah untuk Perimeter Selatan maupun Perimeter Utara. Perimeter Selatan telah lebih dahulu diberlakukan menjadi dua arah pada tanggal 19 November lalu dengan harapan pengendara dari arah Jakarta-Tangerang bisa langsung belok kiri setelah Amaris/Pop Hotel melalui Perimeter Selatan, tidak perlu melewati bunderan prasasti.

Upaya lainnya adalah kendaraan menuju arah Kargo dibelokan menuju arah Hotel Sheraton Bandara. "Dengan upaya ini semoga tidak lagi terjadi kepadatan," kata Yudis.
Untuk mempermudah pengendara, jalur perimeter utara tersebut telah dilengkapi dengan rambu penunjuk jalan, Pengendara dari arah Jakarta bisa langsung masuk tol Sedyatmo. “Jadi di hari pertama ini tentunya akan terangkum evaluasi apa saja yang perlu dipersiapkan agar kedepannya pemberlakuan dua arah ini menjadi  lebih tertib.” tambah Yudis


 

Kami tetap meminta kendaraan dari arah Jakarta menuju Tangerang sebaiknya tidak masuk melalui area Bandara Soekarno-Hatta, digerbang pembayaran tol terakhir bisa mengambil arah Rawa Bokor. Bagi yang terlanjur menuju arah bandara, diminta untuk mengambil jalur Perimeter Selatan. Selanjutnya kami juga menghimbau agar pengemudi kendaraan waspada dan mematuhi rambu-rambu yang ada demi keselamatan bersama.


Manager Humas dan Protokoler

PT Angkasa Pura II

Bandara Soekarno-Hatta

 

YUDIS TIAWAN

HP : 0817883903

Tlp. : 021 5506800

email : uthiz@yahoo.com