News


Dalam  rangka  mewujudkan  visi  dan  menjalankan  misi  serta  tugas  dan  fungsi Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, diperlukan suatu acuan penyelenggaraan  pelayanan antara lain meliputi  kriteria minimal  berbagai  aspek yang terkait  dengan  kegiatan pelayanan jasa  kebandarudaraan  dan jasa  terkait bandar udara, kegiatan keamanan, keselamatan dan ketertiban penerbangan, kemudian untuk  menunjang  tugas  dan fungsi  tersebut  perlu juga  dibuat  acuan penyelenggaraan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam memberikan layanan yang bermutu.

Dalam mengembang misinya, Bandar Udara Internasioal Soekarno-Hatta membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten serta sarana dan prasarana yang memadai. Mengingat pelayanan jasa yang diberikan oleh Bandar Udara Internasioal Soekamo-Hatta    sangat terkait erat dengan kepentingan masyarakat yang menyangkut keselamatan dan keamanan penerbangan, maka pelayanan jasa Bandar Udara Internasioal Soekarno-Hatta   dikategorikan  sebagai pelayanan publik karena terkait erat dengan masyarakat penerbangan, dan merupakan tanggung jawab pemerintah dalam menjaminnya.

Sebagai organisasi publik, Bandar Udara Internasioal Soekarno-Hatta  mempunyai tugas pokok dan fungsi yang sangat erat hubungannya dalam rangka mendukung keselamatan dan keamanan penerbangan. Prlnsip dukungan keselamatan penerbangan   yang  diberikan  oleh  Bandar  Udara  Internasioal   Soekamo-Hatta adalah   untuk menjamin   keandalan   operasional   fasilitas   penerbangan    dan  bandar udara  sesuai  dengan  standar  yang  berlaku.

Tuntutan   akuntabilitas   kinerja  mengharuskan    Bandar  Udara  Internasioal   Soekarno­ Hatta   meningkatkan     efektifitas    dan   efisiensi    dalam   mencapai    sasaran-sasaran kinerjanya,  termasuk   kinerja  dalarn  melakukan   kegiatan  pelayanan.  Sebagai  upaya untuk     menjamin kualitas    pelayanan     dan   juga    rnengoptimalkan keberhasilan kegiatan yang  telah dilaksanakan tersebut, perlu disusun  sebuah  Standar Pelayanan di   Bandar   Udara   Internasioal  Soekamo-Hatta  sebagaimana  telah diamanatkan dalam   Undang-undang  Nomor   25  tahun  2009  tentang Pelayanan Publik.

Standar pelayanan yang disusun memiliki indikator-indikator dalam pencapaiannya yaitu  ketepatan waktu, biaya terjangkau, ketersediaan  pelayanan dan kepuasan, tanpa meninggalkan  aspek legalitas dalam petaksanaannya dan mengedepankan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Info lebih Lanjut

https://drive.google.com/file/d/1SNTLkRT8fIaEhNyFm0xtcFtiOx1xcE0Y/view